Buku Ajar Kelas 3 Flipbook PDF

Kelas 3 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1
Author:  t

105 downloads 182 Views 658KB Size

Recommend Stories


Porque. PDF Created with deskpdf PDF Writer - Trial ::
Porque tu hogar empieza desde adentro. www.avilainteriores.com PDF Created with deskPDF PDF Writer - Trial :: http://www.docudesk.com Avila Interi

EMPRESAS HEADHUNTERS CHILE PDF
Get Instant Access to eBook Empresas Headhunters Chile PDF at Our Huge Library EMPRESAS HEADHUNTERS CHILE PDF ==> Download: EMPRESAS HEADHUNTERS CHIL

Story Transcript

Buku Ajar

Subtema 1 Pembelajaran 1

Kata Pengantar Buku teks yang berbasis aktivitas ini disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan. Buku teks ini sangat mengedepankan pencapaian kompetensi siswa sesuai standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya sebagai salah satu penunjang, peserta didik maupun guru diharapkan tidak menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku teks yang menjadi acuan dalam proses belajar-mengajar di kelas. Buku ini lebih sebagai buku aktivitas siswa yang masih membutuhkan buku-buku penunjang guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik. Peserta didik juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lainnya yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya. Buku ini berlandaskan pada kompetensi dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Hal ini dilakukan agar guru lebih memaksimalkan kegiatan dan latihan-latihan selama proses pembelajaran berlangsung, dan bukannya meloncat langsung pada latihan-latihan penyelesaian soal. Jika diperlukan, guru juga dapat berkreasi sendiri membuat soal-soal latihan dan bahan-bahan penilaian yang diperlukan dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Penulis menyadari betul bahwa buku ini belum sempurna. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan masukan untuk perbaikan mengarah pada kesempurnaan. Kritik dan saran yang sifatnya produktif dari pembaca dan pengguna sangat kami nantikan untuk perbaikan pada masa yang akan datang.

Penulis

ii

Kompetensi Inti Kelas III 1

Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,npeduli, percaya diri, dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga, serta cinta tanah air.

3

Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta bendabenda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.

4

Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

iii

Kompetensi Dasar & Indikator Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

Indikator Pencapaian Kompetensi 3.2.1 Peserta didik mampu menjelaskan informasi tentang sumber dan bentuk energi.

3.2.2 Peserta didik mampu mencontohkan informasi tentang sumber dan bentuk energi. Matematika 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung.

3.6.1 Peserta didik mampu menunjukkan lama waktu suatu kejadian berlangsung.

3.6.2 Peserta didik mampu mengurutkan lama waktu suatu kejadian berlangsung.

iv

SBdP 3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.

3.2.1 Peserta didik mampu menunjukkan bentuk dan variasi pola irama dalam lagu. 3.2.2 Peserta didik mampu membedakan bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.

v

Tujuan Pembelajaran 1. Dengan membaca teks siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait sumber energi dengan tepat. 2. Dengan membaca teks siswa dapat menceritakan kembali secara tertulis informasi tentang sumber energi yang terdapat pada teks dengan tepat. 3. Dengan menyimak penjelasan dan contoh dari guru siswa dapat mengidentifikasi variasi pola irama pada sebuah lagu. 4. Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat menyanyikan lagu yang memiliki variasi pola irama dengan tepat. 5. Dengan mengamati peristiwa sehari-hari siswa mampu mengidentifikasi mana kegiatan yang lebih lama dan mana yang lebih singkat. 6. Dengan mengidentifikasi peristiwa sehari-hari, siswa dapat menentukan mana peristiwa yang lebih lama dan mana yang lebih singkat.

vi

Daftar Isi Kata Pengantar . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ii Kompetensi Inti . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . iii Kompetensi Dasar dan Indikator . . . . . . . . . . . . . . . . . . . iv Tujuan Pembelajaran . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . vi Daftar Isi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . vii Pembelajaran 1 . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 1 Bahasa Indonesia . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2 Matematika . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

5

SBdP . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

8

Daftar Pustaka . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 9

vii

Saat pembelajaran sedang berlangsung di kelas tiba-tiba Siti terlihat tidak fokus dan mengantuk. Tubuhnya tampak lemas. Pak Guru menanyakan alasan Siti yang tidak fokus belajar. Ternyata Siti tidur larut malam dan belum sarapan karena telat untuk bangun pagi. Kemudian Pak Guru segera membawa Siti ke ruang UKS. Sesampainya di ruang UKS, Siti disuruh berbaring. Pak Guru membuatkan teh manis dan menyuruh Siti untuk meminum teh manis tersebut. Pak Guru menjelaskan kepada Siti bahwa tubuh kita membutuhkan energi. Energi yang kita butuhkan bisa kita dapatkan dari istirahat yang cukup dan juga sarapan yang bergizi.

1

Bacalah teks berikut ini!

Air Sebagai Sumber Energi Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi. Tuhan menciptakan bermacam-macam sumber energi. Matahari adalah salah satu sumber energi terbesar di bumi. Tumbuhan dan hewan adalah sumber makanan. Makanan menghasilkan energi bagi tubuh. Jadi, tumbuhan dan hewan adalah sumber energi. Salah satu sumber energi lain yang ada di bumi adalah air. Air merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup. Air digunakan untuk minum, mandi, dan mencuci di rumah. Selain digunakan untuk aktivitas sehari-hari, air juga membantu tanaman untuk melakukan fotosintesis. Dari proses fotosintesis dihasilkan oksigen dan makanan yang penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

2

Selain itu, air adalah salah satu sumber energi listrik. Air dimanfaatkan dalam pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Kincir yang digerakan oleh air akan menghasilkan energi listrik yang bermanfaat bagi manusia. Salah satu PLTA terbesar di Indonesia adalah Waduk Cirata, Jawa Barat.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini! 1. Sebutkan sumber energi yang terdapat pada paragraf pertama! ______________________________________________________ ______________________________________________________ ______________________________________________________ 2. Mengapa tumbuhan dan hewan dikatakan sebagai sumber energi? ______________________________________________________ ______________________________________________________ ______________________________________________________ 3. Apa saja manfaat air di rumah? 3

______________________________________________________ ______________________________________________________ ______________________________________________________ 4. Apa yang dihasilkan oleh tanaman dari proses fotosintesis? ______________________________________________________ ______________________________________________________ ______________________________________________________ 5. Energi apa yang dihasilkan oleh air di PLTA? ______________________________________________________ ______________________________________________________ ______________________________________________________

Dari bacaan diatas, coba kalian sebutkan sumber-sumber energi lain yang ada di bumi!

4

Untuk membuktikan bahwa air adalah sumber energi bagi tubuh, Siti melakukan percobaan. Siti akan berolahraga bersama teman-temannya di lapangan. Setelah berolahraga selama beberapa menit, tubuh Siti akan merasa lelah. Siti dan teman-teman butuh minum untuk mengembalikan energi yang telah terpakai.

Dari percobaan diatas, kita mengetahui bahwa air yang kita minum akan mengembalikan energi kita yang telah kita keluarkan saat berolahraga. Butuh waktu yang tidak terlalu lama untuk kita minum. Kegiatan sehari-hari lainnya juga membutuhkan waktu. Ada kegiatan yang lama dan ada kegiatan yang singkat. Perhatikan gambar berikut ini! Berilah tanda centang () di kolom kegiatan dengan waktu lebih lama atau lebih singkat!

5

Waktu No.

Kegiatan

Lebih lama

Lebih singkat













1

2

3

6

4









5

Kalian sudah dapat membedakan mana kegiatan yang membutuhkan waktu lebih lama dan kegiatan yang membutuhkan waktu lebih singkat. Coba carilah contoh kegiatan lainnya!

7

Air adalah salah satu sumber energi yang ada di bumi. Kita harus bersyukur kepada Tuhan atas air yang penuh manfaat bagi makhluk hidup. Ungkapan rasa syukur bisa ditunjukkan melalui syair lagu. Melalui lagu kita dapat mengungkapkan perasaan kita terhadap apa saja. Seperti lagu berikut ini yang mengungkapkan rasa syukur atas air yang menghidupi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Ayo kita belajar menyanyikan lagu berikut! Jangan malu atau ragu. Bernyanyilah dengan percaya diri!

Perhatikan lirik lagu tersebut! Cermati setiap liriknya. Adakah perbedaan irama pada setiap baitnya? 8

Daftar Pustaka Wikihow, Staf. Cara Tidur di Kelas (Untuk Remaja). Wiki How. (Juli, 10). 12.11. https://id.wikihow.com/Tidur-di-Kelas-(untuk-Remaja)#aiinfo Wikimedia, Admin. (2021). File: Photosynthesis id.svg. Wikimedia Commons. (Juli, 10). 12.45. https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Photosynthesis_id.svg Radengino. (2017). Pembelajaran 4 Tema 3 Subtema 1 Penemu Yang Mengubah Dunia. Nidokna. (Juli, 10). 13.14. https://www.nidokna.com/2017/01/pembelajaran-4-tema-3-subtema-1penemu.html?m=0 Iki. (2019). Air Sumber Kehidupan – (Cipt : Yanti). Iki Suga. (Juli, 10). 15.35. https://ikisuga.blogspot.com/2019/05/air-sumber-kehidupan-ciptyanti.html?m=1 Hanna, Yomi. (2017). Ini Yang Terjadi Jika Kamu Malas Minum Air Putih. Bobo Grid. (Juli, 10). 12.21. https://bobo.grid.id/read/08676579/ini-yang-terjadi-jika-kamu-malasminum-air-putih

9

Get in touch

Social

© Copyright 2013 - 2024 MYDOKUMENT.COM - All rights reserved.