Radhita Tika_Bahan Ajar Siklus 2 Flipbook PDF

Radhita Tika_Bahan Ajar Siklus 2
Author:  Guest

50 downloads 202 Views 2MB Size

Story Transcript

KELAS 3 TEMA 8

PRAJA MUDA KARANA

SUBTEMA 4 AKU SUKA BERKARYA PEMBELAJARAN 1 Radhita Tika Sari 1200209034

DAFTAR ISI

Halaman Judul ................................................................. 1 Daftar Isi .......................................................................... 2 Kata Pengantar ................................................................. 3 Pemetaan Kompetensi Dasar ........................................... 4 Sub Capaian Belajar ......................................................... 5 Panduan Penggunaan Buku .............................................. 6 Bahan Ajar Pokok ............................................................. 7 Rangkuman ...................................................................... 16 Daftar Pustaka ................................................................. 17

2

KATA PENGANTAR Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat-Nya sehingga dapat terselesaikan Bahan Ajar Tema 8 Praja Muda Karana Subtema 4 Aku Suka Berkarya untuk peserta didik kelas 3 Sekolah Dasar. Tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, dan telah membantu terselesaikannya modul ini. Semoga dengan adanya modul ini dapat menambah pemahaman peserta didik. Mudah-mudahan modul materi ajar ini dapat diaplikasikan kepada peserta didik Sekolah Dasar dalam pembelajaran di kelas. Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan bahan ajar ini. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran demi perbaikan dan kesempurnaan bahan ajar ini. Semoga bahan ajar ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya para peserta didik.

Karanganyar, 3 Februari 2021

Radhita Tika Sari

3

PEMETAAN KOMPETENSI DASAR

Bahasa Indonesia 3. 7

4. 4

Mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dalam teks lisan, tulis, visual, dan/ atau eksplorasi lingkungan. Menjelaskan konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.

Matematika 3. 13 Menjelaskan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar. 4. 13 Menyajikan data berkaitan dengan diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar.

SBdP 3. 4 4. 4

Mengidentifikasi ciri-ciri gabungan teknik potong, lipat, dan sambung dalam karya keterampilan. Membuat karya keterampilan dengan gabungan teknik potong, lipat, dan/atau sambung.

4

SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN

1

menganalisis informasi tentang konsep delapan arah mata angin

2

menganalisis gambar

3

menganalisis langkah-langkah gabungan teknik potong, lipat, dan sambung dalam karya ketrampilan

data

melalui

diagram

5

PANDUAN PENGGUNAAN BUKU

1 Berdoa sebelum dan sesudah membaca modul

2

Bacalah petunjuk terlebih dahulu

3

Tanyakan hal yang sulit kepada guru atau orang tua kalian!

6

Dino dan teman-teman sedang berlatih membaca denah. Dino dan teman-teman melakukan perjalanan membawa denah. Denah dilengkapi dengan tanda arah. Denah bermanfaat untuk membantu menemukan suatu lokasi yang dimaksud. Apakah kamu mengetahui arti denah dan arah mata angin? Bacalah informasi berikut untuk mengetahui maksud denah dan arah mata angin!

Arah Mata Angin dan Denah Arah mata angin adalah panduan untuk menemukan atau menentukan arah. Arah mata angin dapat digunakan pada peta dan denah. Denah adalah gambar yang menunjukkan lokasi suatu tempat. Denah berupa gambar yang menunjukkan bagian dari suatu tempat.

7

Berikut ini adalah gambar arah mata angin. Mata angin terdiri atas delapan arah. Keterangan: T : Timur TG : Tenggara S : Selatan BD : Barat Daya B : Barat BL : Barat Laut U : Utara TL : Timur Laut Matahari terbit dari sebelah timur. Saat kamu menghadap matahari terbit, berarti kamu sedang menghadap ke timur. Saat itu punggungmu menghadap ke arah barat. Tangan kananmu ke arah selatan. Tangan kirimu ke arah utara. Untuk mengetahui arah mata angin, kita dapat menggunakan bayangan, matahari, atau kompas. Dengan cara-cara tersebut, kita akan mengetahui arah mata angin dan menemukan tempat yang ingin kita tuju.

Agar lebih memahami tentang arah mata angin dan denah, silakan klik link berikut. https://bit.ly/3s0nvvK_BPSCModulBahasaIndonesia

8

Perhatikan gambar denah berikut ini.

Rumah Dino

Rumah Dino berada di Jalan Kenanga disebelah barat masjid. Bersebrangan dengan rumah Dino ada lapangan sepak bola yang berada di timur Taman Kenanga dan barat SD Nusantara. SD Nusantara berada di sebelah barat pos ronda dan timur lapangan sepak bola. Berseberangan dengan SD Nusantara ada beberapa rumah penduduk. Tempat beribadah juga dapat ditemui di sekitar SD Nusantara.

9

Aku menghadap matahari terbenam, aku menghadap ke barat.

Tangan kiriku mengarah kemana ya?

Dalam menjelaskan suatu lokasi dalam denah, kita perlu menggunakan kalimat efektif dan kosa kata baku. Kalimat efektif merupakan kalimat yang susunannya mudah dipahami dan makna kalimat tersebut tersampaikan dengan tepat kepada pembaca atau pendengar. Struktur kalimat efektif harus mengandung unsur kalimat, minimal subjek dan predikat. Penulisan kalimat efektif bahasa Indonesia menggunakan kosa kata baku yang mengacu pada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) atau Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Ketika Dino berlatih membaca denah. Dino juga mencatat informasi dari lingkungan sekitar. Dino mencatat informasi tentang banyak rumah. Dino dan teman-teman menghitung banyak rumah di sepanjang jalan.

10

Berikut ini laporan Dino mengenai banyak rumah di sepanjang jalan yang dilewati.

Banyaknya Rumah di Desa Bunga Jalan Mawar = ada 20 rumah Jalan Anggrek = ada 15 rumah Jalan Kamboja = ada 25 rumah Jalan Lili = ada 30 rumah Dino

Data dapat disajikan dalam berbagai macam bentuk, misalnya, tabel, diagram batang, dan diagram gambar. Diagram adalah suatu gambar atau simbol untuk menyampaikan informasi banyaknya data. Diagram batang biasanya digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk kategori atau jenis. Untuk menggambar diagram batang, diperlukan sumbu datar dan sumbu tegak yang saling berpotongan. Diagram gambar adalah suatu diagram yang menampilkan data dalam bentuk gambar.

11

Data Dino di atas jika ditampilkan dalam bentuk diagram batang adalah sebagai berikut. Banyaknya Rumah 35 30 25 20 15 10 5 0 Jalan Mawar Jalan Anggrek Jalan Kamboja

Jalan Lili

Data berikut juga dapat disajikan dalam bentuk diagram gambar. Diagram gambar banyaknya rumah di Desa Bunga Jalan Mawar Jalan Anggrek Jalan Kamboja Jalan Lili Keterangan: satu gambar

mewakili 5 rumah

12

Dari diagram di atas, dapat kita lihat dari keterangan bahwa satu gambar rumah mewakili 5 rumah, maka banyaknya rumah di Jalan Mawar ada 5 + 5 +5 + 5 rumah = 20 rumah. Agar lebih memahami tentang penyajian data dalam diagram gambar, silakan klik link berikut. https://bit.ly/3HmpOQg_BPSCModulMatematika

Sebuah lokasi dapat digambarkan menggunakan model. Misalkan lokasi rumah yang ada pada denah Dino, seperti gambar berikut!

Lokasi Rumah

Gambar diatas merupakan hasil karya yang disebut dengan maket. Maket adalah model atau miniatur dari suatu benda atau suatu wilayah. Maket dibuat dengan teknik potong, lipat, dan sambung. Teknik lipat adalah cara yang digunakan untuk membuat karya seni dengan cara melipat bagian kertas. Teknik gunting adalah memotong satu bagian menjadi dua bagian

13

atau lebih menggunakan gunting. Teknik tempel adalah cara merekatkan satu bagian kepada bagian lain.

Lipat

Gunting

Lem

Alat yang digunakan untuk melakukan teknik lipat adalah menggunakan tangan. Alat yang digunakan untuk melakukan teknik gunting adalah gunting. Adapun alat yang digunakan untuk melakukan teknik tempel adalah lem. Maket biasanya terdiri dari alas, bangunan, dan atap. Bangunan maket biasanya terbuat dari kertas karton tebal. Bisa juga dari kertas dan kayu. Bangunan yang dapat dibentuk dapat berupa bangunan apapun, seperti rumah, sekolah, atau gedung kantor. Sebelum dibentuk, pola bangunan sebaiknya diwarnai terlebih dahulu. Hal tersebut untuk memudahkan proses menghias saat seluruh bagian maket sudah terpasang.

14

Maket dapat digunakan untuk menggambarkan sebuah benda atau wilayah. Jika digunakan untuk menggambarkan sebuah wilayah, maket juga dapat berfungsi sebagai denah. Maket yang menggambarkan wilayah biasanya terdiri atas beberapa bangunan. Agar lebih memahami tentang cara membuat maket, silakan klik link berikut. https://bit.ly/3rio7xZ_CaraMembuatMaket

15

RANGKUMAN

Arah mata angin adalah panduan untuk menemukan atau menentukan arah. Arah mata angin dapat digunakan pada peta dan denah. Denah adalah gambar yang menunjukkan lokasi suatu tempat. Denah berupa gambar yang menunjukkan bagian dari suatu tempat. Mata angin terdiri atas delapan arah yaitu timur, tenggara, selatan, barat daya, barat, barat laut, utara, dan timur laut. Data yang ada dalam denah dapat disajikan dalam berbagai macam bentuk, misalnya, tabel, diagram batang, dan diagram gambar. Diagram adalah suatu gambar atau simbol untuk menyampaikan informasi banyaknya data. Diagram batang biasanya digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk kategori atau jenis. Untuk menggambar diagram batang, diperlukan sumbu datar dan sumbu tegak yang saling berpotongan. Diagram gambar adalah suatu diagram yang menampilkan data dalam bentuk gambar. Sebuah lokasi dapat digambarkan menggunakan model yang disebut maket. Maket adalah model atau miniatur dari suatu benda atau suatu wilayah. Maket dibuat dengan teknik potong, lipat, dan sambung. Alat yang digunakan untuk melakukan teknik lipat adalah menggunakan tangan. Alat yang digunakan untuk melakukan teknik gunting adalah gunting. Adapun alat yang digunakan untuk melakukan teknik tempel adalah lem.

16

DAFTAR PUSTAKA

Kemendikbud. 2018. Buku Guru SD kelas III Tema 8: Praja Muda Karana. Jakarta: Pusat Perbukuan Permendikbud. Kemendikbud. 2018. Buku Siswa SD kelas III Tema 8: Praja Muda Karana. Jakarta: Pusat Perbukuan Permendikbud. Sasono, Agus. 2021. BPSC Modul Bahasa Indonesia SD/MI Kelas III. Jakarta: Bumi Aksara https://bit.ly/3s0nvvK_BPSCModulBahasaIndonesia (diakses pada tanggal 31 Januari 2022) Triastuti, Kristiana. 2021. BPSC Modul Matematika SD/MI Kelas III. Jakarta: Bumi Aksara https://bit.ly/3HmpOQg_BPSCModulMatematika

(diakses

pada tanggal 31 Januari 2022) https://bit.ly/3rio7xZ_CaraMembuatMaket

(diakses pada

tanggal 31 Januari 2022)

17

Get in touch

Social

© Copyright 2013 - 2024 MYDOKUMENT.COM - All rights reserved.