UTS PEMOGRAMAN DYANA (1) Flipbook PDF

UTS PEMOGRAMAN DYANA (1)
Author:  Guest

68 downloads 295 Views 215KB Size

Story Transcript

Nama : Dyana Mewanifani Kase Nim: 8420220210350 Uts: Pemrograman komputer Hari/tgl: Senin/21/11/2022

Lingkaran . 1.Pengertian lingkaran 2.unsur-unsur lingkaran 3. Sifat-sifat lingkaran 4.persamaan lingkaran 5.rumus lingkaran 6. contoh soal

1.Pengertian lingkaran Lingkaran adalah tempat kedudukan titik-titik yang berjarak sama dengan satu titik tertentu. Yang dimaksud titik tertentu adalah titik pusat lingkaran, sedangkan jarak yang sama adalah jari-jari lingkaran. Nah, sebelum kita membahas mengenai keliling dan luas lingkaran, Sobat Pintar perlu tahu terlebih dahulu mengenai unsur-unsur dari lingkaran.

2.unsur-unsur lingkaran

Unsur-unsur lingkaran terdiri dari: 1. Titik Pusat (P): Titik yang menjadi pusat lingkaran yang terletak tepat di tengah lingkaran 2. Jari-jari (r): jarak antara pusat lingkaran dengan titik pada lingkaran 3. Diameter (d): garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran melalui titik pusat 4. Busur Lingkaran: garis berbentuk melengkung pada tepian lingkaran 5. Tali Busur: garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran 6. Juring Lingkaran: daerah yang dibatasi oleh busur dan dua jarijari lingkaran 7. Tembereng: daerah yang dibatasi oleh busur dan tali busur 8. Apotema: garis yang menghubungkan titik pusat dengan tali busur (tegak lurus dengan tali busur)

9.Sudut pusat adalah unsur lingkaran selanjutnya yang akan dibahas. Sebuah sudut yang terbentuk karena pertemuan antara dua tali busur dengan satu titik pada keliling lingkaran disebut sebagai sudut pusat. 10. Sudut keliling adalah unsur lingkaran selanjutnya yang akan dibahas. Sudut yang dibentuk oleh perpotongan antara dua buah tali busur di suatu titik pada keliling lingkaran dapat dikatakan sebagai sudut keliling.

3.Sifat-Sifat Lingkaran Ciri-ciri lingkaran: • Memiliki jumlah sudut 180 derajat. • Memiliki diameter yang membagi lingkaran menjadi 2 sisi seimbang. • Memiliki jari-jari yang menghubungkan titik pusat dengan titik busur lingkaran. • Diameternya konstan.

4.Persamaan Lingkaran Persamaan lingkaran dengan titik pusat pada koordinat (0, 0) Jika titik pusat lingkaran berada tepat di perpotongan sumbu x dan sumbu y diagram kartesius atau titik (0, 0), maka Persamaan lingkarannya hanya perlu mematuhi teorema phytagoras sebagai berikut: x² + y² = r²

Dengan, x: koordinat satu titik keliling lingkaran terhadap sumbu x y: koordinat satu titik keliling lingkaran terhadap sumbu y r: jari-jari lingkaran Persamaan lingkaran dengan titik pusat pada koordinat (a,b)

Jari-jari lingkaran di atas sama dengan jarak antara dua titik P dan S Sehingga, diperoleh :

Jika dikuadratkan akan diperoleh: r2 = (x - a)2 + (y - b)2

Jadi persamaan lingkaran dengan pusat di (a,b) dan jari-jari r adalah (x - a)² + (y - b)²= r²

5.Rumus lingkaran 1 .Rumus Keliling Lingkaran Keliling lingkaran merupakan busur terpanjang pada suatu lingkaran. Dalam menghitung keliling lingkaran tidaklah sulit. Sobat Pintar dapat menggunakan dua cara untuk menghitung keliling lingkaran, yaitu jika diketahui jari-jari (r) atau jika diketahui diameter (d).

Rumus dari keliling lingkaran adalah:

Jika yang dicari adalah jari-jari lingkaran dengan diketahui keliling lingkarannya, maka berlaku rumus lingkaran berikut:

2.Rumus luas lingkaran Kita dapat menghitung luas lingkaran dengan menggunakan jari-jari lingkaran. Jika dalam sebuah soal yang diketahui adalah diameter, maka perlu mengubah diameter menjadi jari-jari.

jika yang dicari adalah jari-jari lingkaran dengan luas lingkarannya

3. Rumus diameter lingkaran Rumus diameter lingkaran dengan d=2r

Contoh Soal 1. Diketahui sebuah lingkaran memiliki diameter 28 cm. Berapakah luas lingkaran tersebut? pembahasan: d = 28 cm r = d/2 = 14 cm L = π x r2 = 22/7 x 142 = 616 cm2

2. Penutup keliling sebuah lingkaran adalah 314 cm, maka luas

lingkaran tersebut adalah pembahasan:

Langkah 1 : mencari jari-jari lingkaran r = K : (2 x π) r = 314 : (2 x 3,14) r = 314 : 6,28

r = 50 cm Langkah 2 : Menghitung luas lingkaran L = π x r² L = 3,14 x 50² L = 3,14 x 2500 L = 7850 cm² 3.Sebuah taman dengan diameter 14 meter akan ditanami beberapa jenis bunga. Jika setiap 11 m2 akan ditanami satu jenis bunga saja, maka ada berapa jenis bunga yang akan ditanam di taman? Pembahasan: d = 14 meter, maka r = 14:2 = 7 meter

Karena setiap 11 m2 akan ditanam satu jenis bunga, maka: Banyaknya jenis bunga yang ditanam = 154:11 = 14 jenis bunga Jadi, terdapat 14 jenis bunga yang berbeda yang akan ditanam di taman.

Get in touch

Social

© Copyright 2013 - 2024 MYDOKUMENT.COM - All rights reserved.